Thursday, 17 April 2014

Tips Memilih Penginapan Ala Ransel Ijo +62

Ransel Ijo +62 – I’m back guys !!! pada lagi ngapain nih??? Mungkin yang statusnya mahasiswa/i lagi pada sibuk sama benda yang disebut skripsi. Kalo remajaan dikit lagi dag dig dug sama UN dan gimana entar hasilnya. Yang statusnya pekerja kayak gue mungkin lagi sibuk – sibuknya sama kerjaan. Dan buat yang statusnya jomblo lagi sibuk membuka lowongan on the street or on the bus,,,tenang sob jangan pada sibuk gitu. luangin waktu loe sebentar aja buat refreshing. Gak perlu waktu banyak kok cukup 30 menit aja. Ambil mp3 loe terus dengerin lagunya Panji Prawigaksono yang judulnya Lagu Melayu nah terus siap2 buat berkhayal jalan – jalan ke destinasi yang pengen banget loe tuju.
Nah sebelum berkhayal ada baiknya loe baca dulu tips dari gue sob. cara memilih penginapan yang hemat saat loe gak dapet tumpangan saat liburan ala backpacker Ransel Ijo +62.
Check it out !!!
Halaman depan Hotel Residence yang berada persis di belakang Mesjid Raya Al Mashun Medan
Hotel
Ada baiknya loe pilih penginapan yang fasilitasnya cukup buat backpacker. pilihlah yang kamar mandinya didalam kamar dan bukan diluar kamar. Pastikan loe cari penginapan yang bener – bener khusus backpacker. Coba aja loe cek daftar hotel khusus backpacker di internet sesuai destinasi yang loe tuju.
Harga
Ini bagian yang terpenting sob. seorang backpacker itu gak sama kayak turis. Meski kegiatan yang dilakuinnya sama. Yakni traveling. Kayak yang gue bilang di tips yang pertama barusan. Loe harus cari penginapan khusus backpacker. Kenapa? Soalnya dengan loe nginep dipenginapan khusus backpacker otomatis tarif kamar backpacker berbeda dengan tarif kamar untuk pengunjung biasa. Ingat sob !! loe bukan turis.
Kamar gue pas nginap di Hotel Residence dengan  bed
Barang Bawaan
Kalo loe udah dapet penginapan yang murah khusus backpacker, yang perlu loe perhatikan selanjutnya adalah menjaga keselamatan barang bawaan loe. Kayak yang diterapin sama Ransel Ijo +62 . kalo loe seorang backpacker loe cukup bawa 1 tas ransel bukan koper. Bawa barang – barang seperlunya selama loe traveling. Gak perlu bawa barang – barang yang gak penting. Loe itu mau seneng – seneng sob bukan mau pindah rumah. resikonya bawa barang bawaan bisa kelihatan pas loe mau check out loe terlalu lama beres – beres dan pasti ada barang loe yang ketinggalan dikamar penginapan.
Posisi Penginapan
Maksud posisi disini adalah usahakan penginapan yang loe cari selain khusus backpacker juga carilah posisi hotel yang dekat dengan destinasi wisata yang loe ingin kunjungi. Karena dengan begitu loe bisa menghemat ongkos perjalanan loe dari hotel menuju destinasi yang loe tuju. Be Hemat guys !!!
Keamanan
Yang ini gak kalah pentingnya jika loe sengaja menginap lebih dari 1 malam, ada baiknya saat loe keluar hotel dan ingin jalan – jalan keluar jangan sesekali meninggalkan barang bawaan yang loe anggap penting kayak dompet, gadget loe, dan benda berharga didalam kamar. Jangan sampe acara travelling loe berubah jadi kemalangan. Tetap waspada karena buat loe backpacker yang suka travelling sendirian kayak Ransel Ijo +62.
Berikut ini gue kasih info penginapan murah di Medan. dan gue pernah nginap disini pas tour keliling Medan bareng Ransel Ijo +62. Alhamdulillah hotel ini masuk kriteria murah, terletak di pusat kota dan dekat dengan beberapa destinasi wisata di Medan.
Residence Hotel, salah satu penginapan yang terletak di jalan Tengah ABCDE No.1 Medan. atau lebih tepatnya berada persis dibelakang Mesjid Raya Al Mashun Medan. gue tau hotel ini dari searching – searching di internet 2 minggu menjelang hari H . hotel ini sendiri memasang tarif khusus untuk para backpacker dengan tarif kamar Rp. 75.000,- / malam. Itu khusus backpacker loh. Dan gue baru tau pas lihat di pintu masuknya ada gambar kartun seorang backpacker dengan tulisan harga Rp.75.000,- for backpacker.
Jangan heran kalo hotel ini gak ada liftnya karena hotel ini sebenarnya adalah ruko terdiri dari 2 bangunan hotel. Keduanya sama – sama Hotel Residence hanya saja yang membedakan adalah Hotel Residence yang diruko pertama khusus untuk backpacker islami or khusus muslim dan muslimah gitu. sedangkan Hotel Residence yang berada di ruko kedua disebelahnya adalah hotel dengan pengunjung bebas. Meski pun memiliki 2 tipe hotel namun tarif kamar khusus backapacker tetap sama yakni Rp. 75.000,- baik di Hotel Residence khusus islami maupun yang bebas.
Selain murah fasilitas kamarnya juga lumayan lah untuk backpacker. 1 kamar memiliki 1 kipas angin, 1 kamar mandi, 1 bed dan ada pula kamar yang punya 2 bed.
Pas pertama kali gue nginap di hotel ini gue baru sadar kalo hotel ini deket banget sama 2 destinasi wisata yang ada di Medan, yakni hotel ini berada persis dibelakang Mesjid Raya Al Mashun Medan dan dekat dengan Istana Maimun Medan. kedua destinasi wisata ini bisa ditempuh dengan jalan kaki dari hotel. Hemat kan??
pas malam hari buat loe yang doyan belanja aksesoris dari kayu – kayu gitu or dari logam gitu loe bisa jalan kaki dimalam hari disamping Mesjid Raya Al Mashun Medan .Harganya lumayan murah kok asal loe pinter nawar.
Yang bikin hotel ini yahud itu pas gue dapet kamar dilantai paling atas dekat balkon. Pas pagi hari gue bisa ngelihat sekeliling Medan dari atas balkon. Dan gue bisa ngelihat jelas Menara Air PDAM Tirtanadi Medan. gak cuma gue aja backpacker yang nginep di hotel tersebut. Banyak gue lihat backpacker asing khususnya dari Eropa yang menginap disini tanpa tour guide.
Banyaknya backpacker mancanegara yang menginap di hotel ini menguatkan alasan gue buat rekomendasiin hotel ini buat dijadiin penginapan selama loe traveling di Medan.
Sekian tips dan info dari gue. kalo ada info hotel murah khusus backpacker di daerah loe share balik ya guys J . dan buat yang mau berkhayal jalan – jalan keliling Indonesia bisa di mulai khayalannya dengan mendengarkan lagu Panji Prawigaksono.
Let’s try ^_^

16 comments:

  1. waduh, seneng jalan2 ya. mampir ke palembang donk. kan masih di daerah sumatera :). modal kamera, ransel perlengkapan n dompet hemmm .

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip..wah kalo ada yg suruh mampir ke palembang gak perlu nginep di hotel nih bisa numpang dirumah fajar :) hehehe,,,semoga bisa sampe ke palembang :)

      Delete
  2. Ba lon sidroe...... He³³e³;)³e³:) He³³e :p. Kunjung balik ya ke http://bangzabar.blogspot.com atau http://inspirasibangzabar.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. keren nih tipsnya, bermanfaat banget

    ReplyDelete
  4. wah gue gak pernah nginep di hotel waktu backpackeran seringnya di masjid / SPBU atau rumah temen hehe jadi ini tips yang bermanfaat apalagi yang keamanan itu aku paling setuju banget, semoga nanti gue bisa backpeckeran di medan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya krn ini pengalaman gue backpackeran jadi bahaya dong buat perempuan nginep sembarangan apalagi di SPBU / Masjid, beda dgn laki2 . ditunggu kedatangannya di Medan,,

      Delete
  5. Oh ternyata seorang backpacker harus nginep di hotel khusus ya? Aku baru tau hehe. Aku malah ngiranya backpacker itu bikin tenda-tenda gitu. Sotoy banget ya-__-

    Tapi keren nih kak tipsnya. Bermanfaat. Mungkin bisa aku coba kalo udah berani buat backpacker-an hehe. Makasih kaakk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dwi soalnya backpacker wanita kn gk mungkin tiduran di SPBU / Terminal / Mesjid entar bahaya bisa mengundang tindak kriminal. beda dengan backpacker laki2. semoga berani deh backpackeran ya dwi :)

      Delete
    2. Oh gitu ya.. *manggut-manggut*

      Siap kak nyiapin fisik dan mental dulu nih :D

      Delete
    3. iya fisik juga penting dwi jgn sampe sakit :) kan mau seneng2

      Delete
  6. Keren tipsnya, gue bukan anak backpacker dan baru tahu ternyata banyak banget yang mesti diperhatiin kalo mau milih hotel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup,,kalo biasanya backpacker yg loe lihat di tv itu mudah itu karena mereka udah disetting sama tim liputannya,,,pada kenyataannya jadi backpacker itu susah dan penuh perjuangan :)

      Delete
  7. owh, oke get it :D boleh juga kalo mau travelling pake nginep ke luar kota..

    ReplyDelete
  8. ya usahakan sih kalo travelling ke luar kota ada kenalan jadi bisa nginep di rumahnya tp kalo gak ya bisa nginep dihotel yg murah ,, seacrhing dulu lah sebelum travelling biar gak nyasar

    ReplyDelete