Sunday, 29 June 2014

Sensasi Naik speedboat on The Siak River

Ransel Ijo +62  - Hai…bicara soal jalan – jalan nih , diantara kalian ada yang sudah pernah jalan – jalan ke kota Pekanbaru , Provinsi Riau? FYI ya sob man bray kota Pekanbaru itu memiliki wisata sejarah kerajaan melayu yang sangat terkenal dimasanya. Sebuah kerajaan yang masih berhubungan erat dengan Kerajaan Kesultanan Deli yang ada di Medan dan Kerajaan Tamiang tempat gue berdomisili.  Yakni Kerajaan Siak Sri Indrapura yang terletak di kabupaten Siak. Disana terdapat peninggalan sejarah Kerajaan Siak yang sampai hari ini masih berdiri megah. Istana Siak sendiri menjadi salah satu objek wisata andalan Provinsi Riau. Terbukti saat Provinsi Riau menjadi tuan Rumah PON VXIII. Dimana kabupaten Siak juga menjadi tempat berlangsungnya acara megah tersebut. Hampir seluruh kontingen mengunjungi Istana Siak. Kali ini gue mau berbagi cerita tentang perjalanan gue mengunjungi Istana Siak Sri Indrapura.
Tiket Speedboat menuju Kabupaten Siak

Pengemudi Speedboat Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru

Suasan di atas Speedboat sebelum keberangkatan

Kapal yang berpas-pasan dengan Speedboat yang gue naiki
Kabupaten Siak  sendiri terletak diluar kota Pekanbaru sob. Dan untuk menuju  kesana bisa ditempuh dengan 2 cara. Pertama, kita bisa menggunakan transportasi darat dengan menaikki mobil travel antar jemput. Dan kedua bisa dengan melalui jalur sungai. Yakni dengan menaikki Speed Boat. Gue sendiri memilih naik speed boat karena ingin merasakan sensasi mengarungi Sungai Siak yang menjadi salah satu sungai terdalam di Indonesia. Untuk naik speed boat gue langsung menuju Pelabuhan Sei Duku yang terletak di jl. Tanjung Datuk no.2 Pekanbaru. Cukup membayar 75 ribu rupiah gue memperoleh tiket. Gue memilih speed boat keberangkatan pukul 08.00 WIB agar gak kesiangan pas tiba di kabupaten Siak karena teman gue udah menunggu di Pelabuhan Siak pukul 12.00 WIB. Sensasi menaikki kapal cepat ini benar – benar asyik sob. Selama perjalanan gue dan penumpang lainnya di manjakan dengan pemandangan deretan hutan bakau. Gak hanya itu. Hampir ditiap sisi kiri dan kanan sungai gue dapati banyak perusahaan asing dan minyak yang berdiri megah. Sekali – kali gue juga berpas – pasan dengan kapal – kapal besar yang membawa peti kemas. Rasa mual mulai menghinggapi perut gue. Nyaris 4 jam lebih perjalanan ini gue lalui tanpa tidur. Akhirnya gue tiba juga di Pelabuhan Siak. satu persatu penumpang turun dan menuju ruang tunggu Pelabuhan Siak. Gue pun langsung menuju ruang tunggu pelabuhan buat nunggu temen gue. suasana diruang tunggunya mirip kayak dibandara sob. adem dan gak bising. Petugas – petugas pelabuhan punya ciri khas sendiri. Mereka pake seragam khas melayu Riau.
Pintu masuk kedatangan dalam negeri Pelabuhan Internasional Siak

Suasana didalam kapal

Jembatan Siak Sulatanah Latifah dari atas kapal Speedboat
Dari obrolan gue sama petugasnya ternyata Pelabuhan Siak ini masih baru sob. meskipun masih baru, pelabuhan ini udah menyediakan fasilitas keberangkatan dari dan menuju Malaysia, Singapura dan Batam. Layaknya dibandara pelabuhan ini juga dilengkapi dengan kantor imigrasi untuk keberangkatn ke luar negeri. Gak heran selama perjalanan melalui Sungai Siak ini gue selalu berpas – pasan dengn kapal tanker dari luar negeri. Serta kapal kargo lainnya.
Dering hp gue bunyi. Alhamdulillah teman gue udah datang. Perbincangan itu pun bersambung saat gue bakalan balik lagi ke Pekanbaru.


2 comments:

  1. saya belum pernah ke Pekanbaru...asyik juga kalo bisa ke malaysia dan singapura serta batam melalui pelabuhan Siak ini.....,
    selamat berpuasa ya...mohon maaf lahir batin bila ada salah khilaf kata selama nge-blog..
    keep happy blogging always...salam dari makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsalam dari bumi nangroe aceh darussalam :)
      wah perlu di coba tuh ke malaysia via pelabuhan internasional siak kalo harianto berkunjung ke provinsi riau :) ,, selamat berpuasa juga ya buat kamu ,, saya juga mohon maaf lahir batin deh :) ,,,,,, keep happy blogging always too for you brother ,,,,

      Delete