Saturday, 5 July 2014

Menyinggahi Balai Kerapatan Tinggi Siak

Ransel Ijo +62 - Kalo ke Siak jangan pernah lewatin buat singgah ke Balai Kerapatan Tinggi Siak. Tempat ini dimasa lalu kata temen gue dipake sebagai tempat untuk mengadili para penjahat. Kalo jaman kita sekarang itu kayak pengadilan sob. yang unik dari gedung ini. Ciri khas pada 2 tangga yang terdapat di sisi kiri dan kanan dari gedung tersebut. Sekilas gak ada yang beda sih. Sama – sama tangga yang mengarah ke bawah. Dari cerita temen gue 2 tangga tersebut punya arti dimasa lalu. Gedung yang terdiri dari 2 lantai dan terbuat dari kayu ini dulunya punya keunikan dalam mengadili penjahat. Ruang pengadilannya sendiri berada di lantai 2. Disini uniknya sob, saat pengadil telah memutuskan vonis maka 2 tangga tadi menjadi penanda seseorang yang di adili tersebut. Jika seseorang yang mendapat vonis bebas maka dia akan turun melalui tangga spiral yang berada di sisi kiri gedung Balai Kerapatan Tinggi Siak. Namun jika sesorang itu divonis bersalah maka dia akan turun melalui tangga petak atau persegi yang berada di sisi kanan gedung Balai Kerapatan Tinggi Siak. Gitu sih kata temen gue.
Gedung Balai Kerapatan dari belakang

Batu prasasrti Balai Kerapatan Siak


Kondisi ruangan Balai Kerapatan Siak yang sedang dipugar

Karena gedung ini juga menjadi salah satu aset wisata kabupaten Siak jadi pas gue datang kesana gedung tersebut juga sedang di renovasi. Dilantai dasar gedung ini sedang dipakai untuk tempat panitia Festival Malam Bermada yang tengah berlangsung di Siak. Bagian terdepan dari gedung Balai Kerapatan Tinggi Siak ini menghadap langsung ke sungai Siak. hhm.. nyaman banget duduk di tangga yang terdiri dari banyak anak tangga yang menghadap ke sungai Siak sore – sore. Bener – bener Siak My Best TripEver sob.

2 comments:

  1. Ternyata di Siak banyak juga objek yg menarik & bisa dikunjungi selain istana nya yg terkenal itu ya Lia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya molly,,kalo berkunjung ke Kabupaten Siak itu biasa dapet 1 paket wisata, sejarah,,kebudayaan, religiusnya juga dapet...gk cukup sehari :)

      Delete