Tuesday, 1 July 2014

Ziarah Makam Keluarga Kerajaan Siak Sri Inderapura

Ransel Ijo +62  - Beranjak dari Istana Siak gue di ajak temen buat mengunjungi Makam Keluarga Kerajaan Siak. wah gue mau banget dong. Padahal rencana awal gue cuma pengen mengunjungi Istana Siak doang. Para anggota Kerajaan Siak dimakamkan gak jauh dari Istana Siak. makamnya terletak disamping sebuah mesjid tua yang dibangun oleh Kerajaan Siak yang pas gue datang pun sedang mengalami renovasi.
Himbauan penting untuk pengunjung wanita

Makam ini juga terletak gak jauh dari pinggir Sungai Siak. dari sana gue bisa melihat megahnya Jembatan Siak Sultanah Latifah. Jembatan yang pernah di resmikan oleh presiden SBY. Jembatan raksasa ini membentang di atas Sungai Siak sob.
Makam yang berada didalam sebuah bangunan mirip mesjid kecil ini sangat indah sob. design eksteriornya mirip banget dengan mesjid dari. Kalo yang gak tau bakalan mikir kalo itu beneran mesjid. Padahal didalamnya terdapat beberapa makam Keluarga Kerajaan Siak yang menjadi Pahlawan Nasional Indonesia.  Dipintu samping saat gue mau masuk ke dalam ruangan makam tertulis sebuah peringatan. Yang isinya bagi wanita harap menggunakan jilbab dan yang sedang datang bulan dilarang masuk. Pas masuk kedalam gue melihat ada 5 makam. Dan 1 makam yang berada di tengah terdapat sebuah kain berwarna kuning yang membumbung tinggi kelangit langit ruangan.
Gedung tempat makam tampak seperti mesjid dgn lambang Kerajaan Siak Sri Inderapura ditengahnya

Gue salut banget dengan perintah kabupaten Siak yang sangat memperhatikan situs sejarahnya. Mereka bener – bener sangat menjaga dan mengelola dengan baik aset wisata sejarahnya. Semoga aja pemerintah kabupaten Aceh Tamiang bisa juga menjaga dan mengelola Istana Karang kayak Istana Siak. AMIN. 

0 comments:

Post a Comment