Saturday, 22 November 2014

Tips Memilih Teman Perjalanan (TRAVELMATE)

Ransel Ijo +62Belajar dari pengalaman saat gw berencana memulai First Trip gw ke Malaysia dan Singapura Oktober 2015 entar. Tadinya gw pengen nge-trip sendiri but after gw pikir – pikir agak beresiko banget kalo gw Solo Trip di First Trip gw ini. Terlebih gw gak punya kenalan sama sekali di negara tujuan entar. Menimbang sana sini akhirnya gw mutusin buat mencari teman perjalanan yang bakalan nemenin gw selama nge-trip ke Malaysia dan Singapura. Minimal ada yang jepretin gw selama nge-trip kesana. Segala cara gw coba buat mencari temen trip bareng tahun depan. Pengumuman Nge-Trip ala gembel pun gw cantumin di www.backpackerindonesia.com. Sebuah situs yang menampung semua backpacker seluruh indonesia. Disitus ini banyak banget yang juga mencari temen backpackeran bareng. Tapi lebih dominan ke wisata dalam negeri namun ada juga yang pasang pengumuman ajakan nge-trip bareng ke luar negeri dengan mencantumin Tanggal berangkat dan tanggal kepulangan, rencana liburan lengkap dengan waktu kunjungan serta penginapan dan estimasi biaya yang dikeluarkan selama nge-trip meksipun pada akhirnya estimasi biaya yang diprediksi tidak bisa menjadi jaminan mutlak seorang traveller membawa uang sesuai perkiraan. Ujung – ujungnya traveller juga harus membawa uang lebih dalam perjalanannya. Setelah memasang ajakan mencari travelmat,  gw dapetlah beberapa orang yang mau ikutan join nge-trip bareng gw. Hingga pada akhirnya gw nemuin promo dari www.airasia.com  buat booking tiket. Gw ajaklah beberapa orang yang mau ikutan join trip gw buat booking tiket Air Asia. Ada 2 orang yang booking tiket di tanggal keberangkatan dan kepulangan yang sama namun dengan flight dan jam terbang yang berbeda. Sementara sisa travelmate gw lainny gak bisa beli tiket promos saat itu juga karena belum ada duit karena udah kepake untuk urusan lain. Sebagai gantinya mereka nungguin promo berikutnya.
Nah setelah dapet 2 travelmate yang udah booking tiket dan pasti berangkat ikutan trip gw, gw pun menyusun rencana liburan mulai dari penginapan, jalan – jalan kemana aja, naik apa, makan apa, dll. Semua gw kirim dan beberkan ke travelmate gw itu untuk dipelajari agar gak bingung entar pas udah tiba dinegara tujuan wisata. Sampe 2 bulan setelah pembelian tiket, mereka minta berangkat lebih dulu dari tanggal keberangkatan dengan alasan pengen bermalam di Malaysia sebelum esoknya berangkat ke Singapura. Mereka berdalih pengen istirahat semalam setelah tiba di Malaysia. Gw sih gak masalah tapi ini bener – bener awal yang buruk bagi gw pribadi karena petualangan sebenarnya belum di mulai tapi mereka udah kecapean baru tiba di Malaysia. Sempat mikir kalo mereka adalah tipe traveller manja dan gak mau repot. Jika ini terjadi pada saat travelling udah benar – benar di mulai maka ini akan menjadi dilematis buat gw. Di satu sisi gw bener – bener ingin memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk mengunjungi tiap objek wisata di negara tujuan. Tapi di satu sisi gw gak mungkin biarin travelmate gw pingsan karena gak sanggup ngikutin jadwal trip gw yang super padat. Disini gw mulai galau sob. gw sih udah pasrah aja dengan apa yang terjadi entar pas hari H keberangkatan. Semoga rencana jadwal trip gw gak ada yang molor dan sesuai dengan rencana yang udah gw bikin. AMIN. Jika 2 travelmate gw tetep gak mau repot & capek ngikutin jadwal trip gw maka dengan berat hati pas diperjalanan entar gw bakalan memisahkan diri dari mereka dan melanjutkan jadwal trip gw dengan bersolo trip.
Berikut tips memilih calon travelmate buat loe sob, jangan sampe salah pilih travelmate kayak gw. So,, cekidot !!!
*Pililhlah travelmate yang kakinya selincah kelinci dan bila perlu yang bisa jalan kaki sejauh 50km/jam. Yang artinya kuat jalan kaki dan gak gampang capek.
*Pilihlah travelmate yang mulutnya gak gampang bilang “aduh…capek nih” , bawel, cerewet, nyusahin, badung,dkk.
*Pilihlah travelmate yang bisa di ajak bekerjasama dan gak diem aja.
*Pilihlah travelmate yang selalu bisa diandalin dalam kondisi terjepit masalah selama trip.
*Pilihlah travelmate yang bisa diajak berpetualang dan panas – panasan. Kalo dia ngeluh siram aja pake air tajin.
*Pilihlah travelmate yang bisa diajak sharing apapun demi kepentingan bersama.
*Pilihlah travelmate yang gak malu – maluin. Minimal tahu sopan santun.
*Pilihlah travelmate yang wajahnya gak mirip teroris biar gampang lolos pemeriksaan imigrasi dibandara.
*Pilihlah travelmate yang gak merencanakan jam tidur dihotel/ hostel / penginapan/ rumah tumpangan, dll lebih panjang daripada jam tripnya.
*Pilihlah travelmate yang cerdas, minimal bisa baca dan tulis serta gak buta warna.hihihihihi yang ini kalo gak dapet juga gpp kok sob…^_^
*Pilihlah travelmate yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa agar loe terhindar dari perbuatan maksiat dan tercela selama loe nge-trip.
*sisanya loe pilih dan tentukan sendiri travelmate yang menurut loe oke buat dibawa trip bareng dan gak nyusahin loe selama nge-trip.
Terdengar ngaco emang cara milih travelmate ala gw sob tapi yakin aja kalo travelmate itu bakalan menjadi sanggahan loe berbagi selama nge-trip. Jadi pilihlah travelmate terbaik . Beruntunglah buat loe yang dapet travelmate yang sama persis visi dan misinya kayak loe dan gak bikin susah loe selama perjalanan. Karena kata temen gw, kita bakalan mengetahui sifat asli travelmate kita ketika kita traveling. Gw akan coba tahun depan sob. gimana udah siap liburan dan cari travelmate ????

Selamat liburan ya sob ^_^

0 comments:

Post a Comment