Tuesday, 2 December 2014

Tragedi Nama 1 Suku Kata Pada Tiket Air Asia



Ransel Ijo +62Sebenarnya kejadian ini gak bakalan terjadi kalau gw bisa Tanya dulu sama yang udah pernah pesen tiket dengan nama yang Cuma 1 suku kata. Tadinya setelah 2 minggu gw pesen tiket, salah seorang travelmate gw curhat kalo doi kelebihan ngetik namanya pas pesen tiket. Gw coba tenangin doi kalau itu gak apa – apa karena Cuma kelebihan nama. Esoknya gw kepikiran juga dengan masalah doi yang kelebihan nama ditiket.
Karena juga ikutan galau takut kalau doi batal jadi travelmate gw tahun depan, gw pun coba searching ke Mbah Google tentang kejadian salah ngetik nama itu sob. Dan setelah baca postingan dari para traveller sana sini tentang kesalahan nama pada tiket. Akhirnya gw paham kalo kesalah nama barang 1 huruf aja loe bakalan gak bisa terbang sob. Alias tiket loe hangus. Kenapa???
Nama pada tiket haruslah sesuai dengan nama yang ada pada identitas loe bawa. Misalnya loe mau ke luar negeri, maka nama di tiket loe haruslah sama dengan yang ada di dalam passport. Nah gimana dong dengan travelmate gw yang kelebihan ngetik namanya???? Alhasil tanpa sepengatahuan gw ternyata doi udah memperbaikin kesalahan namanya dengan menghubungi call centre Air Asia. Doi pun di arahkan buat mengisi E-Form yang terdapat di website Air Asia. E-Form ini sendiri berisikan kolom – kolom yang nantinya loe aka nisi dengan identitas penerbangan loe serta keluhan loe. Seperti travelmate gw , doi mengisi E-Form dengan permintaan untuk memperbaikin kesalahan nama pada tiketnya. Agar permintaan loe cepet ditanggepin mending loe juga lampirin scan dokumen identitas loe berupa Passport dan KTP loe sebagai pembanding agar nama di tiket loe yang salah bisa disamakan dengan 2 dokumen tersebut sob.
Dan gak lama setelah loe mengisi E-Form maka loe bakalan menerima email pemberitahuan yang berisikan nomer referensi permasalahan loe yang bakalan dibalas kemudian dalam 5 hari kerja. Gak Cuma dengan mengisi E-Form aja sob. Doi juga Live Chat sama operatornya Air Asia . Kurang dari 5 hari kerja travelmate gw langsung dapet balasan dengan dikirimkannya tiket baru yang udah diperbaikin namanya sesuai identitas. Gampang kan??
Kedengarnyannya gampang sob. Untuk Live Chat sendiri ada menu pilihannya di website Air Asia. Entar loe bisa chatting dengan durasi terbatas hanya 10 menit jadi loe jelasin dengan singkat padat dan cepat permasalahan kesalahan nama loe. Dengan ketentuan loe udah mengisi E-Form sebelumnya sob jadi operatornya bisa tahu jelas permasalahan loe.
Itu tadinya permasalahan kelebihan pengetikan nama pada tiket travelmate gw. Dan doi udah lega karena tiketnya udah diperbaikin. Nah sekarang giliran gw sob. Nama di tiket gw terdiri dari 2 kata. Nama depan dan belakang. Sementara nama asli gw gak punya nama belakang alias nama gw Cuma terdiri dari 1 suku kata. Baru ngeh pas baca postingan traveller yang kasih tips buat loe – loe yang Cuma punya nama 1 suku kata. Jadi pas loe pesen tiket dan diminta buat mengisi nama depan dan belakang sementara loe Cuma punya nama depan, maka loe harus mengisi nama belakang loe dengan nama depan loe juga. Yang artinya nama loe di tulis 2 kali di kolom nama depan dan kolom nama belakang. Yang terjadi pada gw adalah nama depan gw adalah nama asli sementara nama belakang gw terisi dengan nama bokap. Giliran gw yang punya masalah dengan kesalahan mengisi nama pada tiket. Akhirnya menjelang 1 bulan setelah gw pesen tiket tersebut gw pun langsung ikutin cara travellmate gw pas doi memperbaiki kesalahan nama pada tiketnya.  Agak lama gw mau isi E-Form karena passport gw belum jadi. Gw menunggu passport gw jadi buat bisa sekalian melampirkan scan passport gw pas mengisi E-Form sob.
Air Asia
Setelah gw mengisi E-Form, berikutnya gw Live Chat sama opertornya Air Asia. Hampir 2 minggu gw lakuin ini tapi gw belum juga mendapatkan tiket perbaikan kayak travellmate gw padahal dokumen gw udah lengkap. Nyaris putus asa sampai akhirnya gw Live Chat lagi dan di Live Chat tersebut gw jelasin dengan ringkas permasalah nama ditiket gw. Dan loe tahu sob dalam hitungan 3 menit email gw udah kedatengan 2 pesan yang berisikan tiket perbaikan dengan nama yang udah berganti sesuai passport dan KTP gw. Udah gak ada lagi nama bokap di nama belakang gw. Sekarang nama gw ditulis 2 kali. 1 untuk nama depan dan 1 untuk nama belakang. Huft rasany lega sob udah merevisi kesalahan nama ini. maklumlah ini adalah kali pertama gw pesen tiket jadi kalo banyak yang trouble yang wajar aja masih pemula hehehehe..
Okay perbaikan nama pada tiket udah. Sekarang tinggal 1 travellmate gw yang belum diperbaiki namanya karena doi belum bikin passport. Semoga doi juga bisa perbaiki namanya kayak gw dan travellmate gw yang satunya lagi. Soalnya doi ini juga Cuma punya nama dengan 1 suku kata doang. Pas pesen tiket doi juga naruh nama bokapnya di bagian nama belakang. Dan yang hebatnya itu adalah saran dari gw sob. Maka gw pun harus ikut bantu doi buat merevisi nama ditiketnya entar.
Tips buat loe yang mau pesen tiket sendiri via online mending jangan terburu – buru. Santai aja. Perhatikan yang bener nama loe sesuai passport atau pun KTP. Usahakan jangan pesen tiket  kalo loe belum paham bener tata cara pemesanan tiket online. Tanya temen yang udah berpengalaman dalam memesan tiket agar loe gak mengalami kejadian kayak gw dan 2 travellmate gw ini sob. Beda kalo loe pesen tiketnya lewat agen perjalanan karena semua data loe diketik sama mereka jadi kalo ada kesalahan loe bisa datang kea gen perjalanan bersangkutan buat merevisi kesalahan yang ada.
Dan yang paling penting adalah ingat kalo loe Cuma punya nama yang terdiri dari 1 suku kata maka loe cukup isi nama depan dan belakang loe dengan nama yang sama alias nama loe ditulis 2 kali. Kalo yang punya nama lebih dari 1 suku kata y aloe isi aja sesuai kolom ya.
Semoga postingan gw membantu ya ^_^ …. Salam Ransel ijo +62 gaes

6 comments:

  1. Penulisan data2 pribadi memang hrs sama antara yg di tiket dgn ID kita (ktp, atau paspor klo utk LN)... krn klo gk sesuai rentan jd masalah di imigrasi (drpd kena bully sm petugasnya kan.. hehehe). Nama asliku jg cm 1 suku kata Lia, tp smua ID slalu pake 2 suku kata incl nama bokap. Wkt perpjgan paspor yg 5 thn lalu, aku tambah nama di pasporku jadi 3 suku kata, jd udh dipersiapkan manatau ada rezeki (Aamiin...) satu saat bs brkt umrah, krn persyaratan utk umrah di paspor hrs 3 suku kata alias pake bin/binti. Jd sampe skrg di pasporku ya 3 suku kata... hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin :) ... iya pernah juga baca postingan katanya kalo mo umroh namanya harus ditambah jadi 3 suku kata Molly,,mudah2an rejekinya cepet ya biar bisa umroh :) ....Molly emang pengalaman banget nih jadi entar tanya2 lagi deh

      Delete
    2. Aamiin... makasih Lia :).

      Hehehehe.. aku cuma kebetulan tau infonya aja, jd sejak 5 thn lalu udah diubah di paspor.

      Delete
    3. berarti di KK dan KTP juga ikutan berubah ya moll??

      Delete
    4. Ngga Lia.. cm yg di paspor aja, gak berubah ekstrim kok karena nambah 1 suku kata doang dibelakang.

      Delete
    5. ouh nambahnya di passpor ya hehehe....mudah2an dimudahin rejeki umrahnya biar cepetan kesana ya :)

      Delete