Thursday, 13 April 2017

Ruang Terbuka Hijau Komplek Perkantoran Bupati Aceh Tamiang

RanselIjo +62 – Assalammualaikum JPeople dimana pun kalian berada. Alhamdulillah gw bisa kembali nulis postingan di blog ini setelah sekian lama terus menghilang. Maaf ya. Gw tahu ini mungkin maaf yang udah kesekian puluh kalinya kalian baca tiap kali gw mengawali postingan baru gw. Okay kali ini maaf gw bakalan gw tebus dengan postingan baru gw tentang kemajuan Kota Kualasimpang. Apa dia ya?? 
Ruang Terbuka Hijau Tamiang
Beberapa hari yang lalu gw dan temen mengunjungi Lapangan Tribun Bupati Aceh Tamiang. ya kayak biasalah kita suka nongkrong buat sekedar makan siang disana dibawah pohon – pohon rindang yang ada di halaman kantor bupati. Nah disini nih ada yang beda JPeople. Pedagang kaki lima yang biasa jualan di depan lapangan udah pada pindah jualan ke taman kecil yang berada di sebelah barat lapangan. Uniknya lagi nih taman sukses buat pengunjung jadi pengen jajan dan nongkrong disana JPeople.
Siang itu sih kita udah bawa makanan sendiri yang kita beli dan sengaja datang kesana buat bisa ngadem sambil makan. Karena lokasinya udah pindah kita pun ikutan buat duduk di taman yang gw sendiri belum apa namanya. Taman ini sih gak asing buat gw. Tiap kali nongkrong di Lapangan Tribun Bupati Aceh Tamiang gw selalu lihat anak – anak muda pada berselfi ria di taman ini.
Tampak salah satu pengunjung sedang melintas di areal taman

Suasana RTH yang dipenuhi pedagang

Gw sih gak tahu pasti kapan persisnya para pedagang makanan kaki lima ini pindah jualan didepan taman. Pas gw lihat semua udah pada kompak ambil lapak masing – masing didepan taman sambil menggelar bangku dan meja milik masing – masing. Taman ini sendiri terdapat semacam jogging track kecil gitu. Terus ada kayak beton berbentuk lingkaran juga yang ditengahnya di tanamin pohon yang masih belum terlalu besar tapi udah tinggi. Rumput – rumput di taman ini juga masih belum tertata alias masih panjang dan tumbuh liar. Beberapa pengunjung banyak yang makan dan minum sambil duduk di beton ini.
Taman ini emang gak luas tapi lumayan adem sih. Walau pun pohonnya belum terlalu gede kadang kalo pas matahari lagi menyengat suka terasa agak panas gitu. Pinter – pinter cari tempat duduk yang agak adem pohonnya biar gak kepanasan.
Penampakan fasilitas bangku taman

Jogging track yang ada di RTH

Sisa sampah yang berserakan di RTH

Sampah lainnya yang bertebaran di rumput RTH

Cuma ada hal yang paling buat gw kecewa nih JPeople,  kelakuan pengunjung taman ini yang kebiasan nongkrong sambil makan dan sampahnya dibiarin disitu aja. Mau alasan gak ada tong sampah?? Oke deh loe boleh pake alasan itu tapi bukan berarti loe boleh ninggalin sampah loe disitu aja kan ?? Sejauh mata gw memandang emang gak ada tong sampah di area taman ini sob. Para pedagang juga gak punya tong sampah khusus untuk menampung sampah para pengunjung. Mungkin mereka punya tong sampah ala mereka sendiri buat nampung sampah dagangan mereka. Untuk alasan tidak adanya tong sampah yang tersedia di area Ruang Terbuka Hijau ini masih bisa gw terima sih alasannya kalo emang nih taman belum resmi dibuka untuk umum. Tapi kenapa para pedagang udah pada rapi pindah kesana ya??? Ada yang bisa jawab gak ???
Penampakan pedagang dan kegiatan jualannya
Oke ,, gw gak mau sok pintar disini Cuma alangkah bijaknya kalo kita mau menikmati taman ini dengan nyaman dan gak jorok maka ada baiknya kita tidak mengotori taman yang masih baru ini dengan sampah – sampah yang kita bawa. Kalo emang gak ada tong sampah kita bisa membawa pulang sampah yang kita punya untuk dibuang ke tong sampah yang tersedia ditempat lain. Dari pada meninggalkannya di taman ini dan bilang kalo entar bakalan ada petugas yang ngutipin sampahnya. Hellooooo...... ini udah 2017 loh mau sampai kapan berpikir kayak gitu terus. Sebagai anak muda Tamiang gw mengajak loe buat menjaga taman ini bersih dari sampah yang dihasilkan dari acara nongkrong kita disini.
Para pengunjung yang sedang jajan di depan RTH
Gw ucapin selamat buat loe semua yang mungkin udah menikmati Ruang Terbuka Hijau ini buat bersantai, sekedar nongkrong bareng teman atau pun sekedar ngemil rame. Apapun itu jagalah kebersihan taman ini ya JPeople. Buat yang belum kesini, ayo buruan datang kesini  dan nikmatin sendiri suasananya tapi ingat tetap jangan buang sampah sembarangan ya. Harapan gw semoga pas kesini lagi udah ada tong sampah dan gw gak perlu nunggu taman ini diresmiin baru ada tong sampahnya.Amin.


5 comments:

  1. pedagang yang susah diatur, sampah yang dibuang sembarangan, masalah klasik yang ada diujung sabang sampai merauke ya lia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gitu deh jar ditambah lagi pengunjung yg yg gk sadar juga buat membawa sampahnya untuk dibuang buat masalahnya jadi gitu - gitu aja. kalo dilihat dari tempatnya sih gak lama nih tempat bakalan kumuh dengan sendirinya jar

      Delete
    2. mental pribadi masyarakat memang harus diperbaiki ya lia, nggak disana nggak disini -_-

      Delete
    3. yup dimana aja gk cuma ditempat lia atau pun di tempat fajar. mudah2an kita
      kita bisa saling mengingatkan teman2 yg lain soal kesadaran membuang sampah pada tempatnya

      Delete
    4. aamiin, ya robbalallamin, semoga aja, kalaupun tidak diera ini, era kedepan semoga kesadaran menjaga kebersihan lebih baik dari sekarang lia

      Delete