Saturday, 7 June 2014

Keripik Mustika Khas Kota Langsa


Ransel Ijo +62 – hai hai hai..apa kabar nih. Sehat kan sob?? kalo gak sehat kita gak bisa jalan-jalan dong. Perjalanan gue ini masih diseputaran kota Langsa. Bisa dibilang gue ini udah bolak balik Langsa beberapa kali. Kadang datang cuma sekedar jumpain temen lama say hai terus pulang deh.padahal jarah dari rumah ke Langsa jauh amat, kesana Cuma buat cari inspirasi atau Cuma numpang datang doang terus pulang. Kali ni gue datang lagi ke Langsa buat ngajak loe kesalah satu tempat oleh – olehnya kota Langsa.
Sejumlah pekerja yang sedang mengemas Keripik Ubi di Toko Mustika Langsa


Keripik Ubi Toko Mustika yang siap jual
Belum lengkap rasanya kalo datang ke Langsa gak beli oleh – oleh. Apalagi oleh – olehnya berupa makanan. Buah tangan khas kota Langsa ini adalah keripik ubi sob. keripik ubi atau singkong ini di olah oleh warga kota Langsa yang tinggal di kawasan Paya Bujok Tunong. Ada juga dikawasan Karanganyer. Hampir disetiap rumah warganya terdapat kios kecil untuk menjual keripik ubi. Dan tempat yang gue datengin ini merupakan pabrik tempat keripik ubi diproduksi sob. nah selain beli loe juga bisa ngelihat proses pembuatannya serta pembungkusan keripik – keripik ubi yang siap jual.
Gue berkesempatan buat mengunjungi Toko Mustika. Salah satu toko yang menjual beragam olahan keripik ubi. Ditoko ini juga dijadikan sebagai tempat produksi dan pengemasan keripik ubi berbagai rasa. Toko yang yang terletak di Dusun Utama Paya Bujuk Tunong Lorong C kota Langsa ini menjual berbagai olahan keripik ubi. Ada 3 varian rasa nih sob, ada Keripik Ubi Rasa Barbeque, Keripik Ubi Rasa Balado, dan Keripik Ubi Rasa Jagung Bakar. Gak Cuma itu sob ada juga Keripik Ubi tanpa rasa alias original.
Harganya pun cukup murah kok sob. untuk 1 bungkus keripik ubi aneka rasa dijual dengan harga Rp. 5000,- per bungkusnya.  Sedangkan untuk keripik ubi rasa original dijual dengan harga Rp. 10.000,- per 3 bungkusnya. Murah kan??
Toko Mustika di Paya Bujok Tunong Lorong C Langsa

Keripik Ubi Toko Mustika

Keripik Ubi Toko Mustika Rasa Jagung Bakar

Keripik Ubi Toko Mustika Rasa Balado
Kalo soal rasa gak perluk di ragukan sob. gue udah rasain semua varian rasa keripik ubi di Toko Mustika ini. Rasanya gurih dan renyah karena potongan keripiknya yang besar dan tipis. Gue paling suka rasa jagung bakar.
Olahan keripik ubi dikawasan ini termasuk industry rumah tangga sob. adanya sentra pembuatan keripik ubi ini secara gak langsung udah ngebuka lapangan kerja baru buat masyarakat sekitar. Keripik ubi ini juga di jual keluar kawasan Paya Bujok Tunong. Ada yang dijual lagi ke daerah – daerah di pusat kota Langsa or keluar kota Langsa. Mungkin dengan harga yang berbeda. Makanya gue paling sering beli langsung ke pusat pengolahan yang juga menjadi toko penjualan keripik ubinya.
Buat loe yang datang ke Langsa jangan lewatkan buat mampir ke Toko Mustika buat beli oleh – oleh keripik ubi ini ya sob. kalo takut nyasar loe bisa calling gue kok buat jadi tour guide loe hihihihi J

Salam backpacker ya sob …. 

0 comments:

Post a Comment