Sunday, 15 June 2014

Napak Tilas di Tjong A Fie Mansion

Ransel Ijo +62  - Oke sob ..masih betah kan baca tulisan gue ini?? Gue harap sih gitu. kali ini gue bakalan mengajak loe singgah di Rumah Tjong A Fie Mansion. Awalnya gue sempat bingung lewat mana masuknya. Yang gue lihat saat itu adalah sebuah pintu gede ala rumah china gitu namun tertutup. Ternyata di sisi kiri rumah terdapat tempat dimana kita harus membeli tiket untuk bisa masuk ke dalam Rumah Tjong AFie Mansion. Harga tiketnya lumayan mahal sob. untuk umum harga tiketnya Rp. 35.000,- sementara untuk siswa/I dan mahasiswa/I lebih murah yakni Rp. 20.000,-  . setelah beli tiket kita masuk lewat pintu samping. Tadinya gue pikir kita bakalan masuk lewat pintu gede yang ada tulisan chinanya itu. Kalau masuk dari pintu gede itu kan berasa kayak masuk rumahnya Jackie chan. Sebenarnya sih rumah ini disulap jadi galeri foto peninggalan si empunya rumah yakni TjongA Fie.
Tjong A Fie Mansion

Batu Peringatan Tjong A Fie

Silsilah Keluarga Tjong A Fie

Salah satu ruang tidur di Tjong A Fie Mansion

Benda - benda peninggalan Tjong A Fie

Ruangan dibagian Altar Tjong A Fie Mansion
Yang gue baca dari di internet si Tjong A Fie itu adalah pengusaha tionghoa terkaya di Medan pada masanya. Dipandu seorang tour guide kita di ajak berkeliling rumah dari 1 ruang ke ruang lain. Rumah ini bertingkat sob. yang bikin gue takjub adalah rumah ini kental banget suasana tionghoanya. Berasa kayak gak lagi di Medan. kayak lagi wisata sejarah di china gitu. gak Cuma gue yang datang saat itu. Ada beberapa turis mancanegara yang juga datang. Yang paling dominan sih turis asal china dan beberapa murid sekolah di kota Medan keturunan tionghoa. 
Isi dari setiap ruangan tuh kebanyakan pajangan foto - foto gitu sob. foto – foto si pemilik rumah bersama seluruh anggota keluarganya. Ada juga beberapa benda – benda peninggalan Tjong A Fie. Lumayan lama juga kita di rumah ini sob. soalnya nih rumah lebar buanget. Karena tiket masuknya mahal gue gak mau cepet – cepet cabut. Kayaknya harga tiket yang mahal sebandinglah dengan fasiltas yang disediakan sama pengelola rumah Tjong A Fie Mansion. Tour guidenya yang semuanya perempuan bisa menerangkan sejarah keberadaan Tjong A Fie di Medan dalam 2 bahasa. Indonesia dan inggris. Suasana rumah Tjong A Fie Mansion ini lumayan hening sob. ditambah lagi isi dari tiap ruangan yang luas ini dan gak banyak perabotan membuat lengang setiap ruangan. Di tengah ruangan sebelum kita naik ke lantai atas ada sebuah tempat altar sembahyang gitu sob. kita sempat masuk kesana.

Interior di Tjong A Fie Mansion

Galeri Tjong A Fie Mansion

Salah satu ruang tamu di Tjong A Fie Mansion
Lumayan lama juga kita berada disana gak terasa waktu udah jam 2 aja sob. kita pun keluar dari rumah Tjong A Fie Mansion. Dan lanjut menuju tempat berikutnya yang masih abu – abu dikepala gue. intinya gue seneng udah bisa sampe ke tempat wisata sejarah Tjong A Fie Mansion

0 komentar:

Post a Comment