Thursday, 20 November 2014

Tipe – tipe Traveller versi Ransel Ijo +62

Ransel Ijo +62 Liburan ke luar negeri sekarang bukan lagi jadi barang mahal yang sulit didapat sob. hampir semua orang sekarang bisa traveling ke luar negeri tanpa harus nabung sampe tua. Semuanya begitu mudah dengan banyaknya  maskapai penerbangan yang selalu memberikan promo – promo tiket murah yang bisa didapat dengan harga yang super gila murahnya. Bahkan tiket bisa di booking dan dibeli 1 tahun sebelum berangkat ke luar negeri. Sebegitu mudahnya menciptakan perjalanan ke luar negeri membuat traveling kini menjadi bagian dari gaya hidup hampir sebagian orang. Gak jarang ada yang rela resign dari pekerjaannya hanya untuk bisa menekuni hobi traveling ini sob. ada juga yang gila – gilaan kerja untuk bisa menabung uang sebanyak – banyak agar bisa traveling keliling dunia. Berikut gw bakalan jelasin beberapa tipe traveller yang menjadikan traveling sebagai lifesytle berdasarkan sifat dan karakter dari si traveller itu sendiri. Semua gw paparin versi gw Ransel Ijo +62 loh ya yang artinya semua yang gw jelasin adalah berdasarkan pengamatan gw sebagai calon traveller ^_^ ,, okay … let’s begin !!!
MANJA. Kayak yang loe tahu sendiri sob, tipe orang manja adalah tipe orang yang gak bisa ngapa-ngapain tanpa bantuan orang lain. Dan tipe traveller seperti ini adalah tipe traveller yang gak mau susah dan gak mau capek – capek. Doi lebih mentingin kemudahan dalam melakukan liburannya dan gak mau berpetualang yang pada akhinya membuat doi kesusahan dan gak bisa menikmati liburannya. Kayak contoh nih ya, tipe traveller kayak gini paling gak bisa diajak buat mengexplore suatu negara tujuan wisata se-pol - polnya. Doi lebih milih mengunjungi tempat wisata yang mainstream. Dan yang paling parah adalah tipe traveller ini kalo di ajak join dalam sebuah trip bakalan banyak nyusahin. Karena doi gak bakalan mau diajak kerjasama. Yang ada lebih banyak nyusahin leader tripnya. Alhasil Traveller Manja bakalan berakhir dengan aktifitas manja sepanjang liburan.
Nah traveller yang satu ini gw anggap yang paling oke sob. berani liburan sendirian ke luar negeri dengan modal nekat + berbekal oenuh informasi namun siap dengan segala resiko terburuk yang nantinya bakalan menjadi cerita petualangan yang gak ada dalam PLAN A yang doi bikin. Banyak tipe traveller begini yang sukses membawa cerita liburan menarik dan penuh pengalaman berharga karena semuanya dilakukan sendiri dengan perhitungan sendiri. Dan yang jelas traveller solo trip bener – bener mengandalkan kemampuannya sendiri sob. Solo Trip bukan berarti doi gak ada temen buat di ajak nge-trip bareng tapi lebih kearah pengen menantang diri sendiri mengenal sebuah negara dengan kemampuan diri sendiri. Dan ada juga yang lebih milih Solo Trip karena gak mau ribet dengan teman traveller yang gak bisa di ajak kerjasama dan daripada teman travellernya nyusahin mending nge-trip sendirian.
Kalo yang ini sih kebalikan dari Traveller Solo Trip gaes. Nge-trip rame – rame emang asik. Jadi rame dan gak takut nyasar karena kalo nyasar ya nyasar rame – rame kan. Gak jarang banyak banget traveller yang nge-trip rame – rame lebih ke motivasi ingin seru – seruan bareng selama liburan. Apalagi liburannya ke luar negeri. Semua kesulitan bisa diatasin bersama. Ada yang nge-trip rame – rame dengan total jumlah anggotanya nyaris kayak jumlah personil girlband JKT48. Nge-trip serame ini membuat leadernya mesti ekstra sabar karena banyaknya anggota trip maka banyak pula kemauan dan tujuannya. Apalagi yang nge-trip banyak ceweknya. Saran nih kalo loe berada dalam posisi nge-trip serame kayak rombongan ngantar manten mending sering – sering absesi deh. Gak lucu kan lagi asik – asik liburan eh temen 1 rombongan trip ada yang hilang 1 orang.

Dari namanya aja udah ketahuan kalo traveller jenis ini dompetnya gak setipis pembalut wanita keluaran terbaru sob. gak peduli lagi nge-trip sendirian alias Solo Trip atau rame – rame. Tipe ini bakalan membawa uang banyak dengan gaya liburan yang mewah meski pun tampilan nyaris menyerupai traveller sederhana apa adanya namun ada apanya. Ada apa?? Ada uangnya dong sob. traveller Highclass sering kali terlihat tidak membawa uang banyak tapi kalo di beberin tuh dompet loe bisa lihat kartu ATM yang logonya ini itu bisa narik dollar tunai di mesin ATM mana pun. Kehabisan duit ?? tinggal cari mesin cuci ATM ya udah deh langsung kucek gesek dan keluar deh busanya duitnya. Gak ada yang salah sih dengan Traveller Highclass, Cuma kalo untuk diajak join nge-trip bareng maka loe travelmatenya mesti ngimbangin isi dompet doi. Karena jarang banget ada traveller highclass yang mau nraktirin loe kecuali loe lagi beruntung sob ^_^
Nah ini dia traveller yang sangat mengaplikasikan ilmu matematikanya dalam membuat liburannya seru dan penuh kebahagiaan. Kebahagiaan yang dimaksud adalah ada pada keahliannya mengelola duit yang doi bawa selama liburan agar tidak keluar terlalu deras dari dompetnya. Sebenarnya sih tipe yang satu ini sering banget diadopsi oleh traveller pemula. Sebelum nge-trip biasanya tipe traveller ini sangat memperhitungkan dan memprediksi berapa jumlah rupiah yang akan doi konversikan ke mata uang asing negara tujuannya. Sebisa mungkin doi gak kehabisan duit sangking kerenya di negara tujuan dan doi juga gak terlalu royal mengahamburkan uang dengan berbagai benda – benda yang menggoda iman dan isi dompet. Kalo mau ngajak nge-trip bareng dengan traveller tipe ini ada enaknya dan ada gak enaknya sob. enaknya loe bisa kebagian tips menjaga uang loe agar tetap aman selama liburan untuk gak dibelanjaain ke hal – hal gak penting. Dan loe jadi bisa hemat bareng doi. Namun gak enaknya tuh pas doi bener – bener menjaga uangnya agar tetap aman dan dompet loe bakalan menjadi tumbal kesetiaannya menjaga dompetnya sendiri. Alias loe bakalan nraktirin doi yang udah membantu loe berhemat ^_^

Itu tadi macem – macem tipe traveller versi gw owner RanselIjo +62. Mungkin loe punya kriteria traveller sendiri gaes. Beberapa traveller yang gw sebutin di atas merupakan hasil pengalaman dan pengamatan serta yang pernah gw alamin sendiri sob. jadi mungkin loe punya cerita lain tentang tipe traveller dimuka bumi ini. Share aja biar gw juga tau. So ,, jadi traveller bukan soal gaya hidup bisa kesana sini dipelosok bumi. Tapi traveller itu menurut gw lebih ke orang yang gak Cuma bisa keliling dunia or pergi ketempat – tempat asik didunia namun traveller itu adalah orang yang bisa peduli dengan apa yang doi temukan, dapatkan, lihat, dengar, rasakan, dan merangkumnya dalam sebuah pengalaman yang bisa dibagikan ke semua orang lain yang mungkin akan dan ingin menjadi traveller. Jadilah traveller yang memulai sebuah perjalanan dengan baik dan mengakhirinya dengan baik sebaik traveller itu ciptakan dan dilahirkan ke dunia ini. 

4 comments:

  1. Banyak jg tipe2 nya ya hehehe... Klo aku melihat traveler hanya dari sisi tujuannya aja, ada yg traveling utk mengeksplor tempat tujuan tapi ada jg tipe traveler yg bener2 menikmati 'istirahat'nya dg berlibur dg santai & nyaris ga ada tujuan. Kebetulan dua2nya udh pernah aku jalanin, jd klo berdasarkan pengalaman siy justru sebaiknya traveler itu 'menikmati' traveling itu sndiri tnpa hrs terpaku sama itenerary yg udh dibikin krn kdg2 justru hal itu yg bikin kita kehilangan moment & arti dr liburan itu sndiri. Jalan2 oke asal jgn pas pulang liburan cm dapet capek & pegel kakinya aja krn kelewat byk tmpat yg pingin didatengin... hehehe.

    Enjoy your trip ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi oke Molly :) ,,,, wah dikomentari sama yg udah berpengalaman travelling hehhehe....ya enak mengeksplor mungkin ya jadi lebih banyak tempat yang bisa dikunjungi :) dan santai juga bisa semua tergantung tipe travellernya :)...

      Delete
  2. Hehehe... iya klo traveling pasti kita bakal ngunjungi tempat2 bagus yg ada, yg paling penting siy (kalo buat aku ya...) kita bisa menikmati perjalanannya itu sendiri krn pada dasarnya semua tempat itu bagus (dlm negri/luar negri).. krn intinya kan tetep liburan.. fun.. jadi klo aku biasanya gk terlalu terikat dg itenerary yg udh dibikin... bahkan cm menikmati nongkrong di coffeeshop setempat ato makan street food nya pun udh happy.. hehehe. Jd gk berasa jd turisnya... hahaha (inget kata2nya mbak Trinity si The Naked Traveler). Klo semua tempat mau didatengin yg ada malah kecapean krn saking banyaknya... Aku pun suka eksplor satu tempat tp tetep santai, gk diburu2 waktu & gk mau maksain/ngoyo, klo gk sempet ya gpp.
    Tp memang ciri khas org Indonesia begitu kali yaa... yg penting udh touchdown di satu lokasi udh cukup... makin banyak touchdown makin oke.... hihihi. Eh ya jgn lupa siapin kondisi fisik yg bagus Lia... tetep makan teratur slama traveling (walo makanan di Msia & Spore gk seenak di Indo)... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah entar tanya2 molly lagi deh soal menjaga fisik selama jadi traveller,,,,,:) karena lagi konsen siapin daftar tempat yang mau dikunjungi nih

      Delete